Macam-Macam Pengolahan Air Baku

Posted by Alami Dan ilmiah


Macam-Macam Pengolahan Air Baku


Macam pengolahan air yang sudah dikenal, yaitu
     1.       complete Treatment proses (pengolahan sempurna), air baku mengalami pengolahan     lengkap yaitu pengolahan fisik, kimiawi dan bakteriologis. Pengolahan dilakukan terhadap air sungai yang keruh atau kotor
     2.       partial treatment proses ( pengolahan sebagian), air baku hanya mengalami proses pengolahan kimia  dan pengolahan bakteorologi,  pada proses pengolahan lengkap terdapat tiga tingkat pengolahan, yaitu:

       1.      pengolahan Fisik
     bertujuan untuk mengurangi atau menghilangkan kotoran-kotoran kasar, penyisihan lumpur dan pasir, mengurangi zat-zat organik yang ada pada air yang akan diolah. Proses  pengolahan ini dilakukan tampa tambahan zat kimia.

2.                   2. Pengolahan bahan kimia
      Tujuan dari pengolahan ini yaitu membantu proses pengolahan selanjutnya, misalnya pembuuuhan tawas supaya mengurangi tingakat kekeruhan air baku yang ada

3.    Pengolahan bakteriologis
      Tujuannya membunuh atu memusnakan bakteri-bakteri terutama bakteri penyebab penyakit yang terkandung dalam air misalnya:
Baktri collie (salah satu penyebab penyakit perut). Salah satu peruses  pengolahan adalah dengan penambahan zat desinfektan misalnya kaporit.

Secara umum pengolahan air terdiri atas atas lima jenis  yakni

a.       Pengolahan secara alamiah yaitu dalam bentuk penyimpanan dan pengendapan
b.       Pengolahan dengan penyaringan. Pada jenis ini terdiri atas 2 macam saringan pasir lambat (slow san filter) dan saringan pasir cepat ( Rapid sand Filter)
c.        Pengolahan dengan penambahan koagulan dan desinfektan dengan tujuan mempercepat prooses koagulasi dan membunuh bakteri yang terdapat dalam air.
d.       Pengolahan dengan Aeration  dengan tujuan menghilangkan baun dan rasa tidak enak pada air dan gas-gas yang tidak di butuhkan.
e.        Pengolahan dengan pemanasan hingga mendidi (Selinting Mary, 1988)


Related Post



REZA.F.RAFSANJANI mengatakan...

Hai. aku juga punya materi yang berhubungan tentang air. kunjungi saja di. http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3415/1/proses%20pengolahan%20air.pdf

Unknown mengatakan...

Mantap

Posting Komentar