Sistem Pengolahan Air Baku Menjadi Air Bersih

Posted by Alami Dan ilmiah


Sistem Pengolahan Air Baku Menjadi Air Bersih

Secara umum pengolahan air terdiri atas atas lima jenis  yakni  :

     a.       Pengolahan secara alamiah yaitu dalam bentuk penyimpanan dan        pengendapan
     b.       Pengolahan dengan penyaringan. Pada jenis ini terdiri atas 2 macam saringan pasir lambat (slow san filter) dan saringan pasir cepat ( Rapid sand Filter)
      c.        Pengolahan dengan penambahan koagulan dan desinfektan dengan tujuan mempercepat prooses koagulasi dan membunuh bakteri yang terdapat dalam air.
      d.       Pengolahan dengan Aeration  dengan tujuan menghilangkan baun dan rasa tidak enak pada air dan gas-gas yang tidak di butuhkan.
        e.        Pengolahan dengan pemanasan hingga mendidi (Selinting Mary,     1988)

                Pada system pengolahan air baku manjadi air bersih dapat dilakukan malalui tahap-tahap berikut :

1.       Screening (Penyaringan)
Berfungsi menahan kotoran-kotoran besar yang biasanya terdapat pada permukaan air sehingga instalasi pengolahan dapat bekerja lebih efisien.
2.       Koagulasi
Digunakan pada kekeruhan yang tidak dapat di hilangkan dengan cara pengendapan sederhana. Proses ini menyangkut pembentukan flok yang mengabsobsi  dan mengikat partikel berupa suspended solid, bakteri, mikroorganisme dan sebagainya. Koagulasi dilakukan Al2  (so4)3 . 18 H2O atau yang juga dikenal dengan nama tawas, selain tawas bahan lain yang juga dapat digunakan adalah PAC (Poly Aluminium Chlorida)
 [Al2 (OH)n Cl 6-n]m.
3.       Flokulasi
Flokulasi adalah proses pembentukan flok sebagai akibat gabungan dari koloid-koloid dalam air baku dan koagulasi yang terbentuk dalam bantuan dari system pengadukan lambat (slow mix).
4.       Sedimentasi
Proses terjadinya sedimentasi dikenal ada 2 macam :

a.       Sedimentasi sederhan yaitu:
Proses pegendapan yang disebabkan adanya gaya gravitasi  dimana partikel dengan nilai kerepatan massa yang lebih besar dari zat cair di sekelilingnya akan turun kebawah (mengendap)
b.       Sedimentasi dengan koagulasi yaitu
Proses pengendapan dengan pembunuhan bahan kimia terhadap air yang mengakibatkan terjadinya gumpalan-gumpalan lumpur sebagai akibat reaksi kimia tersebut ( Lambe, 1982)

5.       Filtrasi
Adalah suatu proses pemisahan dengan  penyaringan zat padat dari cairan dengan  melewatkan air melalui suatu media ntuk menghilangkan partikel-partikel yang sangat halus yang tidak dinginkan
6.       Desinfeksi
Pembubuhan desinfektan bertujuan intuk membunuh bakteri atau organisme penyakit yang terdapat dalam air. Desinfektan  yang umum digunakan adalah gas Chlor, ozon, iodine, kaporit dan sebagainya. Beberapa factor yang mempengaruhi desinfeksi adalah konsentrasi dari organism, temperature, waktu kontak, kepekatan dari bahan desinfeksi dan beberapa factor lainnya.

Related Post



Tommy mengatakan...

PAC atau Poly Aluminium Chloride adalah salah senyawa yang berfungsi sebagai koagulan.

Bentuknya berupa serbuk/powder yang aman dan mudah larut di dalam air, yang digunakan pada proses penjernihan air.

Pada pengolahan air, tujuan proses koagulasi adalah untuk memisahkan kontamin seperti kandungan berbentuk padat/solid yang sulit di pisahkan dengan proses Filtrasi.

Tidak membuat air menjadi keruh ketika pemakaian berlebihan.

Kami menyediakan PAC produk :
- ex Germany 25kg/sak
- ex Japan 20kg/sak
- ex China 25kg/sak
- dan lokal (Pacinesia) 25kg/sak

Kami juga menyediakan bahan kimia umum lain untuk industri.

Bersedia mengirim untuk seluruh wilayah di Indonesia.
Untuk informasi bisa menghubungi
Tommy.k(081310849918)

TERIMA KASIH

Posting Komentar