Selasa, 10 Juli 2012

Sumber-sumber Air Baku


Sumber-sumber Air Baku

Sumber-sumber air
Dalam system penyediaan air bersih, sumber air merupakan satu komponen yang mutlak harus ada, karena tanpa sumber air system penyedian air  tidak akan berfungsi. Dengan mengetahui karakteristik masing-masing sumber air serta faktor-faktor yang mempengaruhinya, diharapkan dapat membantu di dalam pemilihan air baku untuk suatu system penyediaan air bersih, serta mempermuda tahapan selanjutnya di salam pemilihan tipe dari pengolahan untuk menghasilkan air yang memenuhi standart kualitas secara fisik, kimiawi dan bakteriologis. Secara umum sumber air sebagai berikut :


     1.    Air permukaan
    Air permukaan adalah air yang terdapat pada permukaan tanah.  Pada perinsipnya air permukaan terbagi menjadi:

     a.       Air sungai
     Air sungai adalah air hujan yang jatuh kepermukaan bumi dan tida meresap kedalam tanah akan       mengalir secara grafitasi searah dengan kemiringan permukaan tanah fan mengalir melewati aliran sungai. Sebagai salah satu sumber air minum, air sungai harus mengalami pengolahan secara sempurna karena pada umumnya memiliki derajat pengotoran yang tinggi.

                b.     Air Danau
        Air danau adalah air permukaan ( berasal dari hujan atu air tanah yang keluar ke permukaan tanah ), terkumpul pada suatu tempat yang relative rendah/ cekung. Termasuk kategori supaya adalah air rawa, air tendon, air waduk/dam.

2.    Air Tanah
   Air tanah adalah air yang berasal dari air hujan yang jatuh di permukaan tanah/bumi  dan meresap kedalam tanahdan mengisi rongga-rongga atau pori didalam tanah
Air tanah terbagi atas:

a.       Air tanah dangkal
       Terjadi karena daya proses peresapan air dari permukaan tanah.
Air tanah lebih banyak mengandung zat kimia berupa garam-garam terlarut meskipun kelihatan jernih karna sudah melewati lapisan tanah yang masing-masing mempunyai    unsur-unsur kimia tertentu. Meskipun lapisan tanah disini berfungsi sebagai sarinagn namun pengotoran juga masi terus berlangsung, terutama pada muka air yang dekat denagn muka tanah. Air tanah dangkal umumnya mempunyai kedalaman kurang dari 50 meter.

b.       Air laut
      Air laut adalah salah satu sumber air walaupun tidak termasuk kategori yang bias dipilih sebagai sumber air baku untuk untuk air bersih atu air minum, karena memiliki kandungan garam (NaCl) yang cukup besar.

0 komentar:

Poskan Komentar