Hal-hal yang di rencanakan pengolalhan air baku

Posted by Alami Dan ilmiah


Pengolalahan air baku

      Dalam peningkatan kualitas air baku yang diinginkan, suatu usaha yang mutlak diperlukan adalah proses pengelolahan air. yang dimaksud dengan  pengolahan air adalah usaha-usaha tekniks yang di lakukan untuk merubah sifat-sifat air tersebut. Hal ini penting sekali dlm air minum karena dengan adanya proses pengolhan ini , maka akan di peroleh mutu air minum  yang memenuhi standart  yang telah di tentukan
Sifat dan jenis pengolahan tergantung dari kualitas air baku yang diolah dari air yang diinginkan, seperti :
    a.       Mata air, karena kualitasnya cukup baik, tidak di perlukan adanya pengolahan khusus,                    hanya di berikan desinfektan (chlor)
    
  b.    Sumur dangkal, sama halnya dengan mata air
  c.          Sumur dalam pada umumnya kualitas air baku baik hanya di bubuhkan disinfektan saja, namun banyak juga   sumur dengan kandungan Fe dan Mn tinggi sehingga diperlukan unit pengolahan Fe dan Mn removal, aerator, dan lain-lain.
 d.         air permukaan, merupakan sumber air baku yang paling tidak baik (kotor) dan merupakan alternative pilihan terakhir karena memerlukan pengolahan secara lengkap selain mahal dalam investasinya pembangunan juga mahal dalam biaya operasi dan pemeliharaan.

Related Post



Posting Komentar